Produk SISTEM AKADEMIK

Sistem Informasi Akademik Adalah...

Sistem Informasi Akademik adalah suatu sistem aplikasi yang dijalankan untuk memenuhi kebutuhan informasi di lingkungan Perguruan Tinggi. Demikian juga dengan kebutuhan akan pertukaran data Kampus dengan Civitas Akademik maupun Kampus dengan PD DIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi).

Dengan adanya kegiatan akademik tersebut serta pengelolaan data dalam kegiatan administrasi akademik di kampus yang menghasilkan data terbaru dan valid untuk menunjang kegiatan di kampus dan mempermudah dalam mengelola data serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

Beberapa contoh kegiatan yang bersifat administratif di kampus adalah

  1. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB),
  2. Penyusunan kurikulum dan jadwal kuliah,
  3. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS),
  4. Kegiatan Perkuliahan dan absensi
  5. Pengisian nilai (untuk dosen),
  6. Mengelola data dosen, karyawan, dan mahasiswa, hingga
  7. Kelulusan Mahasiswa dalam bentuk tracert study.

Kenapa Perlu Sistem Informasi Akademik?

  1. Sistem Informasi Akademik dirancang untuk bisa mengolah data akademik sehingga menghasilkan informasi yang terintegrasi, sehingga data yang tersedia selalu terkini (up to date).
  2. Karena bekerja dalam lingkup internal dan juga karena basis datanya terpusat, Sistem Informasi Akademik bisa meminimalisir terjadinya duplikasi data yang lazim ditemui pada sistem yang masih berjalan secara manual.
  3. Sistem Informasi Akademik bisa berfungsi sebagai pusat informasi dengan kelebihan berupa:
  • Penyajian data yang terbaru
  • Tersedianya PMB secara Online
  • Tersedianya KRS secara Online
  • Proses Penjadwalan kelas secara online
  • Penilaian secara online
  • Proses administrasi perkuliahan secara online sehingga histori dan riwayat perkuliahan maupun materi tersedia secara online
  1. Menjadi pusat dan sentral data serta rekam jejak untuk semua kegiatan civitas akademika  karena semua data ada di sistem termasuk berita-berita terbaru seputar kampus.
  2. Media komunikasi bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa.
  3. Menyiapkan Pangkalan Data untuk Pendidikan Tinggi sehingga lalu lintas data antar kampus dengan PD Dikti menjadi mudah, cepat dan tanpa ribet

Apa Saja Informasi Yang Tersedia Dalam Sistem Akademik?

  1. Data Mahasiswa beserta historinya
  2. Data dosen
  3. Data Mata Kuliah yang ditawarkan
  4. KRS dan riwayatnya
  5. Nilai Mahasiswa dan riwayatnya
  6. Data mahasiswa yang sudah lulus
  7. Statistik seputar data tersebut di atas

Manfaat Sistem Informasi Akademik

  1. Mendapatkan informasi terbaru seputar Akademik langsung dari sumbernya baik itu berkaitan dengan Pengumuman, Pendaftaran, Kegiatan Perkuliahan dan kegiatan seputar dunia akademik
  2. memudahkan pihak BAAK untuk mensinkronkan data kampus dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD DIKTI), baik untuk keperluan sinkronisasi data maupun untuk akreditasi
  3. Mempermudah mahasiswa untuk memperoleh informasi, melakukan proses transaksi mandiri dengan beragam fitur (melihat nilai, mengisi KRS, mencetak kartu ujian, melihat hasil studi, melihat tagihan dan yang lainnya) tanpa perlu datang ke bagian administrasi di kampus yang seringkali butuh waktu lama karena harus mengantri, jarak ke kampus, waktu yang bisa dihemat dan sebagainya.
  4. Bagian administrasi kampus juga dimudahkan dengan adanya Sistem Informasi Akademik karena berkurangnya beban untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang sedang membutuhkan informasi. Bagian administrasi bisa memfokuskan waktunya untuk input data dan pemeriksaan data.
  5. Data perkuliahan, materi kuliah, absensi dan riwayat pembelajaran tersimpan secara rapi dan ringkas dalam format data dan file serta tabel yang tersimpan di dalam server yang aman.
  6. Paperless yaitu dengan Sistem Informasi Akademik ini maka penghematan dalam penggunaan kertas menjadi maksimal dan tentunya menjadi ringkas dan bersih.
  7. Pembaruan data antara bagian administrasi kampus dengan bagian keuangan dapat dilakukan dengan cepat dan online.

Di era informasi sekarang dengan generasi yang didalamnya adalah generasi milenial, penting bagi kampus untuk memperbaruiSistem Administrasi Akademik di kampus dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik yang Terpadu.

Selain menghemat waktu dan tenaga, semua pihak baik itu dosen, mahasiswa, karyawan bagian administrasi, bagian keuangan dan bagian-bagian lain dapat memperoleh data yang selalu baru dan valid.

Jika Tidak Menggunakan Sistem Maka Yang Terjadi adalah

  1. Selalu disibukkan dengan proses yang berulang karena transaksi yang banyak dan tidak terkendali
  2. Kesulitan dalam pengelolaan arsip dan dokumen, karena tidak ada workflow
  3. Perlunya SDM yang terampil dan cekatan dan akan terjadi ketergantungan kepada person, sehingga jika person yang biasa bertugas sedang berhalangan maka seolah-olah aktifitas berhenti
  4. Data rawan hilang dan beresiko terselip
  5. Validitas data menjadi sulit terwujud
  6. Prosedur yang membosankan karena update atau pemutakhiran data harus melewati banyak tahapan
  7. Waktu habis untuk menangani administrasi
  8. Perlu SDM dalam jumlah yang lebih banyak
  9. Rawan kesalahan
  10. Resiko keterlambatan pada proses yang membutuhkan otomatisasi, seperti saat pengambilan SKS pada proses KRS yang bentrok dengan jadual dan ruang, ataupun saat ada penggantian jadual dan pengajar
  11. Semua harus dilakukan secara tatap muka dan berinteraksi dengan pertemuan langsung, seperti saat mengurus kartu ujian atau cetak hasil studi, melihat jadual kuliah, melihat tagihan dan lainnya

Yang Kami Tawarkan

Kampus anda belum menggunakan Sistem Informasi Akademik?

Kami memperkenalkan kepada Anda sebuah aplikasi terintegrasi Sistem Informasi Akademik yaitu SIAKAD on Cloud yang Sudah Teruji serta Handal untuk digunakan.

Dengan SIAKAD on Cloud yaitu sebuah layanan berbasis Cloud dan menggunakan pendekatan SaaS maka tidak perlu lagi dibutuhkan:

  1. Perangkat Keras (Hardware) seperti: Server, Jaringan Internet, Listrik dan Pendingin Server serta
  2. Perangkat Lunak (Software) seperti: Operating Sistem, Aplikasi Sistem Akademik, Patch Security dan lainnya, serta
  3. Tenaga Ahli (Brainware) seperti: Sistem Administrator,  Database Administrator maupun Analyst dan Programmer

Dengan fitur yang lengkap mulai dari Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) sampai Alumni dan dengan harga yang ekonomis serta dengan pendekatan belanja operasional, kami merancang produk ini dengan beragam fitur unggulan untuk Anda Pemilik maupun Pengelola, Manajemen Perguruan Tinggi yang hendak mengimplementasikan dan menerapkan Sistem Informasi Akademik di lingkungannya, dengan dukungan penuh dan lengkap.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang manfaat dan juga testimoni dari pengguna, silahkan klik disini .

Further info? Call us !!!
email : info@berliansolusi.com; info@berliansolusi.co.id
WA : 085846180699

 

Produk Lainnya

SISTEM PENGARSIPAN SURAT (SIPAS)

Sistem Aplikasi lengkap yang akan menangani berbagai rutinitas dalam sebuah kantor termasuk didalamnya adalah Arsip Surat (aplikasi pengelolaan surat masuk dan surat keluar), dan juga pengelolaan dokumen penting lainnya yang selalu siap untuk diakses

Informasi Data Bencana

Informasi Data Bencana adalah kumpulan informasi kejadian bencana yang terjadi berdasarkan urutan kejadian dan kategori bencana. Dengan sistem ini akan mudah dalam membuat laporan dan statistik

Aplikasi E-Bendahara

Aplikasi E-Bendahara adalah sebuah aplikasi yang akan memudahkan tugas seorang bendahara dalam mengelola kegiatan dan serapan anggaran berdasarkan pagu yang telah ditetapkan

TRACER STUDY

Pengisian tracer study dengan pertanyaan yang banyak dan dengan format yang baru menuntut bagi admin untuk membuat kuisioner. Tentunya tidak hanya itu saja, perlu menyiapkan data alumni. Bagaimana cara menangani dengan praktis?

SISTEM APLIKASI BAZNAS

Dalam operasional harian, Lembaga BAZNAS setingkat Kabupaten akan selalu mengelola data. Data primer yang ditangani dalam dua kelompok besar adalah Data Muzaki dan Data Mustahik. Data Mustahik tidak kalah rumit dan kompleks jika hendak dikelola dengan car