Knowledge Base Website Bagi Institusi Pendidikan Tinggi

Apabila Anda diminta menjelaskan apa itu website, barangkali jawaban yang akan Anda sampaikan akan berbeda dengan jawaban yang ditujukan kepada orang lain.

Website yang tergambar pada benak Anda bisa jadi adalah internet itu sendiri, situs pencarian, koran online, resep masak, tools untuk membantu anak dalam mengerjakan PR selama daring, cari barang murah, dan lain sebagainya.

Jawaban tersebut semuanya adalah benar, karena pengertian website sendiri adalah informasi yang bisa diakses lewat jaringan internet dengan menggunakan komputer ataupun gadget.

Lalu apa perlunya website bagi sebuah Institusi Pendidikan?

Barangkali list berikut bisa menjawab beberapa manfaat dari website itu sendiri.

Konten yang bisa dilihat dari sebuah Website Perguruan Tinggi antara lain:
1. Menunjukkan Profile Institusi, apa Visi Misi dan Tujuan serta Program Unggulan
2. Profil Pimpin dan dan Dosen, siapa saja dosen dan pengajarnya dan juga dosen luar biasa
3. Fasilitas apa saja yang dimiliki, mulai dari Pusat Kegiatan Mahasiswa, Sistem Informasi, Gedung dan Ruang Kuliah, Perpustakaan, Pusat Data
4. Kegiatan dan informasi terbaru serta aktifitas yang ada selama perkuliahan
5. Kalau mau mendaftar (PMB) mesti kemana? Kapan dibuka, apa saja persyaratannya, sampai kapan pendaftaran tersebut.
6. Kontak yang bisa dihubungi, bisa nomor telpon, wa, ataupun email.
7. Galeri foto dan video yang berisi tentang kegiatan yang ada di kampus tersebut
8. Informasi dan pengumuman
a. Berita terbaru
b. Pengumuman yang dipublikasikan

Website sendiri adalah informasi yang tersimpan di Cloud (di internet atau dunia maya), sehingga data yang ada cloud akan mudah diakses sewaktu dibutuhkan dan selalu siap untuk bisa ditampilkan.

Karena sifatnya yang tersimpan di cloud tentunya keamanan juga perlu diperhatikan dan juga ketersediaan (availability) harus selalu dijaga. Untuk penjelasan tentang Cloud ini bisa disimak di artikel dengan tema SaaS, PaaS dan IaaS.

Selain list di atas, website juga bisa menjadi poin dalam penilaian dalam asesmen BAN-PT. Tentu saja informasi yang terbaru.

Ada banyak informasi lain yang juga tidak kalah pentingya untuk disiapkan dalam rangka mendukung proses Asesmen BAN-PT. Informasi tersebut bisa dicantumkan juga di website ataupun sebagian yang lain menggunakan informasi yang ada di Sistem Akademik.

Untuk mendukung itu semua persiapan bisa disiapkan dengan menyediakan data dalam format softcopy dan update data di Sistem Akademik.

Berikut ini informasi yang perlu disiapkan untuk Asesmen BAN-PT yang sebagian bisa diambil dari Sistem Akademik :
1. Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (dokumen dan output dari sistem)
2. Layanan Bimbingan Karir dan Informasi Kerja untuk Mahasiswa Lulusan
3. Prestasi Akademik yang pernah diraih
4. Survei kepuasan mahasiswa
5. Daftar lulusan 5 tahun terakhir (termasuk IPK)
6. FC Ijazah terakhir dan sertifikat pendidik dosen tetap & dosen tidak tetap
7. Daftar dosen tetap yang sedang tugas belajar
8. FC ijazah dan sertifikat kompetensi tenaga kependidikan
9. Hasil survei kepuasan dosen dan tenaga kependidikan
10. Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum
11. Dokumen Sistem Informasi Pengelolaan Proses Pembelajaran
12. Dokumen Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Umum

Inilah pentingnya memiliki Website dan Sistem Akademik.

Kontak kami untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Layanan Cloud.

Informasi Lainnya

Mewaspadai Aplikasi Semisal Pinjaman Online

Dewasa ini ada banyak aplikasi yang disediakan. Jika gadget Anda berbasis Android maka banyak sekali Aplikasi yang ditawarkan di Google Playstore, dengan kategori yang beragam.

Read More →

Berkenalan Dengan SaaS

Di era ekonomi digital yang kita alami saat ini, tanpa sadar kita sudah terhubung dengan teknologi aplikasi berbasis cloud yang istilahnya lebih dikenal dengan Software as a Service (SaaS).

Read More →