Knowledge Base Tahap Perbaikan Sistem Transparansi yang Ada di Kampus

Sekarang ini sedang banyaknya membahas mengenai kenapa sistem transparansi yang ada di kampus kurang memadai? Pertanyaan itulah yang membuat kampus tersebut didemo oleh mahasiswanya sendiri. Dengan adanya pertanyaan konflik tersebut para mahasiswa menuntut pihak kampus untuk membenahi sistem yang ada didalam perkuliahan termasuk sistem administrasi, pembayaran kuliah dan fasilitas yang ada didalam kampus.

Seperti yang kita ketahui setiap universitas atau perguruan tinggi wajib memiliki sistem akademik yang memadai. Sehingga seluruh aktivitas yang dilakukan oleh kampus tersebut akan transparan. Maka dari itu, sistem perkuliahan wajib untuk diperbaiki agar pihak kampus memiliki kesan dampak yang baik dan mahasiswanya.

Beberapa tahap perbaikan sistem transparansi yang ada di kampus

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Cara pertama untuk memperbaiki sistem transparansi kampus adalah manajemen sumber daya manusianya. Karena, ini sangat dibutuhkan untuk memperbaiki tata kelola yang ada di dalam kampus sendiri. Jika sistem manajemen sumber daya manusia sudah dikelola dengan baik, maka seluruh sistem perkuliahan, administrasi, keuangan dll akan terbangun dengan baik.

  1. Sistem Perkuliahan

Sistem perkuliahan adalah hal yang penting juga untuk diperbaiki. Karena, sistem perkuliahan sendiri bagian yang tak terhindarkan dalam sebuah proses belajar mengajar. Apalagi di zaman yang serba modernisasi saat ini sistem perkuliahan menggunakan metode perkuliahan online. Kuliah online merupakan kuliah yang tidak diwajibkan untuk menghadiri kelas di kampus, tidak lagi seperti biasanya yang hanya menggunakan sistem pembelajaran tatap muka langsung di kelas namun dengan adanya kuliah online dapat menyediakan materi secara online dan mahasiswa pun dapat menyampaikan pertanyaan kepada dosen kemudian saling berdiskusi antar mahasiswa.

  1. Sistem Administrasi

Sistem administrasi kampus juga harus diperhatikan. Biro Administrasi Akademik (BAA), merupakan unsur pelaksana yang melayani teknis dan administrasi pendidikan dan pelajaran di dalam perguruan tinggi. Biro Administrasi Akademik terdapat dua macam kelompok besar administrasi antara lain Sistem Administrasi Manajemen Proses dan Sistem Administrasi Manajemen Data.

Sistem Administrasi Manajemen Proses merupakan tahapan-tahapan administrasi secara langsung dengan menggunakan persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi. Dari Sistem Administrasi Manajemen Proses dapat menghasilkan hasil akhir berupa data kemudian data tersebut dapat dikelola dengan baik melalui Sistem Administrasi Manajemen Data.

Sistem Administrasi Manajemen Data merupakan kegiatan untuk mengorganisir, menginventarisasi dan mendokumentasikan dari hasil akhir berupa data Sistem Administrasi Manajemen Proses yang dapat dikelola secara baik melalui Sistem Administrasi Manajemen Data selanjutnya akan memberikan suatu informasi yang sistematis, akurat dan mudah untuk diakses oleh pihak yang membutuhkan. Akan tetapi masih banyak perguruan tinggi yang masih bingung cara menerapkannya.

  1. Fasilitas Kampus

Fasilitas di sebuah institusi merupakan peran yang sangat penting dan harus diperhatikan. Adanya fasilitas atau sarana prasarana yang memadai baik di perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta dapat mendorong terwujudnya suatu proses pembelajaran yang kondusif.

Fasilitas ini memang sudah sebaiknya diterapkan misalnya fasilitas pemasangan wifi di perguruan tinggi agar dapat mengakses internet dengan mudah, penggunaan proyektor dalam pembelajaran dan lain sebagainya, laboratorium. Apabila pihak kampus dapat mengikuti perkembangan zaman maka proses pembelajaran akan semakin maju.

  1. Sistem Pembayaran Kuliah

Pembayaran Kuliah adalah suatu kegiatan yang wajib dijalankan oleh civitas kampus. Sistem pembayaran kuliah perlu diperhatikan karena apabila sistem pembayaran kuliah ini tidak dikelola secara baik maka akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Pihak kampus dapat menerapakan sistem pemabayaran melalui sistem online misalnya menggunakan aplikasi e-Commerce. Jadi, mahasiswa tidak perlu mengantri panjang cukup melakukan transaksi pembayaran kuliah sistem online.

Informasi Lainnya