Knowledge Base Nama Domain Berdasarkan Inisialnya

Apa Itu Top Level Domain? Top Level Domain adalah segmen terakhir dari nama domain. Dikenal juga sebagai akhiran dari sebuah domain. Atau merupakan bagian yang mengikuti final ‘dot’ di URL kita. Top Level Domain kemudian dibagi menjadi dua kategori yang berbeda, yaitu Country-Specific Top Level Domain dan General Top Level Domain. Top Level Domain membantu kita mengidentifikasi unsur-unsur tertentu dari suatu website, seperti jenis usaha, negara asal, apakah suatu situs merupakan milik pemerintah, website sekolah, dan masih banyak lagi.

Berikut ini penjelasannya:

1. Domain .COM

Domain .com awalnya ditujukan bagi situs-situs komersial. Sebab com sendiri sejarahnya merupakan kependekan dari Commercial. Namun seiring dengan tren yang berkembang, penggunaan .com telah bergeser menjadi sebuah ekstensi wajib yang harus dimiliki oleh bisnis.

2. Domain .NET

Domain .net lebih cocok digunakan untuk kepentingan jaringan bisnis, jaringan persaudaraan yang bersifat hi-tech sesuai dengan kepanjangannya sendiri, yaitu Network.

3. Domain .ORG

ORG yang identik dengan Organization sudah tentu cocok di gunakan untuk kepentingan organisasi.

4. Domain .INFO

Domain .info cocok untuk digunakan oleh website-website yang bersifat informatif.

5. Domain .BIZ

Domain .biz sejarahnya diciptakan untuk memenuhi permintaan pasar bisnis yang melewatkan kesempatan untuk menggunakan nama domain .com. Sebab sesuai dengan pengucapannya sendiri yang membentuk kata Business.

6. Domain .US

Domain .us merupakan ccTLD (country code Top Level Domain) dari Amerika Serikat (United States). Namun sah-sah saja apabila digunakan sebagai domain hack untuk mengganti kata-kata “kami” atau “kita”. Contohnya: happiness.us, gladness.us.

7. Domain .ASIA

Domain .asia terwujud atas permintaan bisnis-bisnis di kawasan Asia-Pasifik. Sesuai namanya sendiri, maka domain ini cocok bagi website-website yang ruang lingkupnya Asia-Pasifik. Atau boleh juga sekedar untuk menunjukkan jati diri sebagai orang Asia.

8. Domain .NAME

Meskipun tampaknya tidak lazim, domain .name sepertinya lucu juga bila digunakan untuk mewakili website-website personal.

9. Domain .IN

Satu lagi ccTLD yang bebas dijualbelikan ke publik. Kali ini merupakan inisial dari negara India. Seiring dengan pergeseran bahasa Indonesia, dimana alih-alih menggunakan kata perintah “kan”, masyarakat kontemporer seringkali menggantinya dengan kata perintah “in” yang tidak baku. Maka ekstensi .in sangat cocok bila digunakan untuk bermain Domain Hack. Apalagi .in sendiri seringkali membentuk penutup-penutup dari kata-kata. Contohnya doma.in, orig.in, upinip.in, dlsb.

10. Domain .CO

Ada satu lagi ccTLD lainnya yang juga bebas dijualbelikan. Yaitu domain .co yang sebenarnya merupakan inisial dari negara Colombia. Ekstensi ini dianggap sebagai salah satu ekstensi yang sangat berpotensi untuk menyaingi popularitas .com. Terutama karena ekstensi ini lebih pendek 1 huruf dari .com.

11. Domain .ME

Domain .me menurut saya sangat lucu jika digunakan untuk website-website personal. Karena dia sendiri jika diterjemahkan menunjukkan kata “saya” dalam bahasa Indonesia. Tapi tahukah anda kalau .me merupakan ccTLD dari negara Montenegro?

12. Domain .TV

Seperti namanya, domain .tv cocok di gunakan untuk situs-situs pertelevisian, video streaming, dlsb. Kalau domain .TV sendiri merupakan ccTLD dari negara Tuvalu.

14. Domain .BZ

Sama seperti .co yang diramalkan jadi calon pengganti .com, maka .bz adalah calon pengganti dari .biz. Ekstensi ini sendiri merupakan ccTLD dari negara Belize.

15. Domain .WS

Domain .ws bisa saja diinterpretasikan jadi ‘World Site’ atau ‘Web Site’ sehingga penggunaannya cocok bagi semua tujuan.

16. Domain .EU

Jika Asia punya .Asia, maka Uni Eropa punya .eu sebagai ccTLD nya. Domain ini lazim digunakan sebagai Domain Hack, terutama untuk bahasa-bahasa asing seperti Perancis, Jerman, yang seringkali menggabungkan 2 huruf vokal eu di kata-kata. Contohnya cordonbl.eu, pass.eu, monsi.eu, dsb.

17. Domain .MOBI

Domain .mobi basanya digunakan untuk versi Mobile dari sebuah website. Coba tebak kenapa.

Nah bagaimana dengan domain .ID milik kita? Kalau untuk domain Indonesia, sudah ada ketentuan-ketentuan dan aturan-aturan yang sudah paten. Yaitu:

1. Domain .CO.ID

Domain .co.id dikhususkan bagi perusahaan – perusahaan yang bisa menunjukkan bukti-bukti legalitas seperti SIUP atau NPWP ditambah Akta Notaris.

2. Domain .NET.ID

Domain .net.id juga dikhususkan bagi perusahaan – perusahaan. Namun hanya bagi mereka yang bergerak di bidang telekomunikasi. Sebab untuk aktivasinya sendiri perlu prasyarat berupa Surat Izin Usaha Telekomunikasi (ISP, Telco, Seluler, VSAT, dsb)

3. Domain .AC.ID

Domain .ac.id / Academy Indonesia dikhususkan bagi kepentingan akademis setara perguruan tinggi / universitas.

4. Domain .SCH.ID

Domain .sch.id merupakan domain yang juga digunakan untuk kepentingan akademis, namun lebih ke tingkat sekolah.

5. Domain .OR.ID

Domain .or.id bisa didaftarkan oleh sebuah lembaga organisasi yang memenuhi persyaratan tertentu.

6. Domain .WEB.ID

Domain .web.id digunakan untuk Website personal. Persyaratan aktifasinya relatif cukup mudah. Pengguna cukup menunjukkan tanda bukti berupa KTP.

7. Domain .GO.ID

Domain .go.id dikhususkan bagi instansi pemerintah / Goverment Indonesia.

8. Domain .MIL.ID

Domain .mil.id atau Military Indonesia digunakan oleh instansi pemerintah  yang bersifat militer.

Informasi Lainnya