Knowledge Base Bertemu Dengan Teman Ngobrol Tentang Pentingnya Website

Kemarin saya bertemu dengan teman yang bertanya tentang perlu dan pentingnya sebuah website dan pemeliharaannya. Sebagai praktisi di bidang IT saya sampaikan, apakah di instansi Anda melayani banyak orang (publik), jawabnya adalah iya, maka saya katakan, mau tidak mau Anda harus memperhatikan dan mengusahakannya supaya Anda memiliki dan memelihara website tersebut.
Memelihara dalam artian konten dan update nya diperhatikan, berita yang relevan dan terbaru kudu disuguhkan, kalau ada layanan atau aplikasi baru yang ada hendaknya diberitahukan, sehingga pemirsa dan masyarakat bisa memanfaatkannya. Tadinya memang beliau terkesan tidak bersemangat dan apatis apakah website yang selama ini dikelolanya bermanfaat dan ada gunanya, karena sejujurnya, untuk memberikan informasi secara rutin itu perlu effort yang lumayan, mulai dari liputan, pembuatan narasi, pemilihan kata dan kalimat serta update secara rutin.
Sehingga dari pertemuan itu saya sampaikan bahwa ibaratnya sebuah kantor atau institusi ataupun organisasi, hal termudah untuk membuatnya menjadi virtual adalah lewat website. Dengan website tersebut orang lain jadi tahu apa sih
1. sebenarnya yang kita lakukan,
2. apa saja layanan yang ada dan bisa dinikmati
3. jika ada keluhan maka di website tersebut bisa menampungnya dan tentunya nanti akan dijawab secara langsung dan interaktif oleh Anda sebagai pengelolanya
4. apa saja produk unggulan Anda
5. apa prestasi Anda
6. dan pertanyaan ringan yang biasa ditanyakan beserta dengan jawabannya
Bahkan dengan sarana website Anda bisa mengajak pengunjung untuk memberikan feedback. Dengan ini semua akhirnya beliau menjadi bersemangat lagi untuk mengelola dan bahkan hendak meningkatkan layanan dan memamerkan produknya via internet, sehingga hasilnya nanti pada akhirnya bisa dimanfaatkan secara lebih optimal.
Bayangkan jika itu sebuah layanan yang dijangkau di level Kabupaten maka website tersebut akan menjangkau 20 kecamatan secara serentak dan online yang selalu terbuka informasinya dalam kurun 24 jam. Kalau kantor nyata dia hanya buka di jam kerja dan hari kerja, butuh waktu dan tenaga untuk mendatanginya, perlu janjian dan kesiapan petugas penerima layanan untuk menjawab dan menemui Anda.
Tapi tidak dengan website, yang selalu dengan setia memberikan informasi kepada pengunjungnya yang terkadang membutuhkan informasi di jam-jam malam saat semua orang sudah terlelap.
Kalau itu di level segment Anda, maka itu akan memberikan informasi terbaru yang bisa jadi pada saat itu dia sedang membutuhkan dan jika di level dan lingkup organisasi dan institusinya maka semua audience dan yang berhak menyimak bisa mengikuti dan menyimak informasi tersebut.
Demikian seterusnya.
Informasi Lainnya
WFH Seberapa Besar Tantangannya?
Berbicara tentang Work From Home atau bekerja dari tempat yang bukan tempat kerja/kantor, untuk saat ini masih sangat relevan mengingat situasi pandemi yang masih saja belum menunjukkan penurunan hingga hari ini tanggal 10 Juli 2020. Bahkan kalau disimak malah menunjukkan tren yang naik dari jumlah yang terpapar dan positif Covid.
Read More →Memilih Berdasarkan Kebutuhan
Saat hendak membeli sebuah komputer, notebook, hp ataupun laptop seringkali ada pertanyaan dari si penjual: mau digunakan untuk apa dan budget berapa? Bagi sebagian orang pertanyaan ini membuat tidak nyaman, dalam hati berkata ini penjual ingin tau aja budget dan kemauannya.
Read More →